Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja RAM (Random Access Memory)

RAM atau singkatan dari Random Access Memory, merupakan sebuah komponen elektronik yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data-data yang diproses oleh komputer.

Random Access Memory

Cara kerjanya yaitu jika pengguna menjalankan sebuah program aplikasi, file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan file tersebut akan diambil dari harddisk dan kemudian file-file program tersebut dipindahkan ke memori RAM untuk selanjutnya diproses oleh CPU.

Kapasitas Memori


Besar data yang dapat ditampung tergantung dari kapasitas memori RAM tersebut, misal RAM dengan kapasitas 4 GB dapat menampung data lebih banyak ketimbang memori RAM yang berkapasitas 2 GB.

Kondisi ini memungkinkan komputer dapat berjalan lebih mulus dan lancar. Oleh karena itu, semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, komputer akan semakin cepat dalam memprosesnya.

Random Access Memory

Pada suatu waktu jika jumlah data yang ditampung sudah melebihi kapasitas RAM, maka sistem operasi akan menjalankan prosedur “Pemindahan Sementara”. Data-data program yang yang tersimpan di memori RAM akan dipindah sementara ke suatu area di harddisk yang disebut swap file atau virtual memory.

Proses ini berakibat buruk pada kinerja komputer karena pada dasarnya perangkat penyimpanan jangka panjang seperti harddisk jauh lebih lambat daripada RAM. Akibatnya, komputer yang kehabisan memori akan lambat dan tersendat-sendat.

Jenis-Jenis RAM


Saat ini RAM yang banyak beredar adalah RAM dengan tipe DDR (Double Date Rate). Dalam perkembangannya ada beberapa jenis RAM DDR, yaitu DDR atau DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4.

Perkembangan RAM DDR ini terletak pada kecepatan transfer datanya yang meningkat seiring dengan perkembangan Chipset dan Prosesor.
DDR
Perbedaan DDR1 hingga DDR3
RAM yang banyak dijumpai saat ini adalah RAM dengan tipe DDR3 dan DDR4, sedangkan peredaran tipe pendahulunya seperti DDR2 sudah mulai berkurang.

Sebagai informasi tambahan, motherboard yang memiliki slot DDR2 tidak akan dapat memasang memori tipe DDR3, kecuali untuk beberapa kasus khusus, yaitu motherboard yang memiliki combo slot DDR2 dan DDR3.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja RAM (Random Access Memory)"